Local area network

A local area network (LAN) is a computer network covering a small physical area, like a home, office, or small group of buildings, such as a school, or an airport. The defining characteristics of LANs, in contrast to wide-area networks (WANs), include their usually higher data-transfer rates, smaller geographic range, and lack of a need for leased telecommunication lines.

Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :

1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut. (wikipedia)


Posting Komentar

Iya sekolah aq juga pake LAN hotspot. . . Gratiz lage. . . .He. . He. . .
Thankz Infonya. . . .

Mr. Mung aq mau tanya nieh: gimana caranya taruh iklan google adsense di postingan? Balaz di komentar di blog aq ya? Http://4dyxtm.blogspot.com

Menarik informasinya mas, kantor kami juga pake LAN tetapi kenapa ya kadang-kadang lambat aksesnya dan bahkan sering putus-putus aksesnya tuch. Trims.

Salam kenal dan salam sukses untuk anda.
http://info-peluang-bisnis-internet.blogspot.com

Wah info yang bermanfaat mister, tapi saya boleh tanya ya..apa perbedaan antara jaringan LAN dan DNS?, apa saja kelebihan dan kekurangan keduanya..
o iya satu lagi, cara buat widget kategori/tags seperti punya mr.mung gimana caranya ya kl boleh tahu.
Makasih jawabannya ya mister.

-salam succses-

@Riky: dari singkatanya saja udah keliatan bedanya, kalau LAN (Local Area Network)dan DNS(Domain Name Server: kalau di jelaskan kelebihan dan kekurangan wedew 1 posting sendiri tuh. wekekek...
kalau pengen buat animasi label coba buka koleksi link tutorial blogger, no 189. disitu ada linknya.

Met malam Mr,
Sebenarnya sedikit pusink juga baca postingan ini, tapi bermanfaat juga buat saya, kalo ga sekarang mungkin nanti, maklum mas masih Neibie banget, trims
Salam sukses untuk anda Mr Mung

nice infonya bro
salam kenal
byme http://insitelink.com

[facebook][blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget

Label