Tips Merawat Baterai Laptop

Seringkali pengguna laptop mengeluhkan kinerja baterai laptop mereka cepat ngedrop meski hanya sebentar dipakai, hal ini sering saya temui ketika membeli laptop untuk di jual kembali, kadang baru dipakai 1 bulan baterai sudah ngedrop gak tahan sampai 15 menit, wah kasuss... tp untungnya bagi saya sebagai pembeli jelas mendapatkan laptop murah tapi dengan specifikasi mantap... :D

Masalah baterai laptop ngedrop kerap timbul jika si pengguna tidak memperhatikan cara merawat baterai laptop tersebut dengan baik dan benar.

Berikut ini cara merawat baterai laptop yang benar:

  1. Saat mulai mengisi baterai, jangan gunakan baterai sebelum terisi penuh. Jika Anda menggunakan baterai baru yang akan diisi pertama kali, baterai itu mungkin tidak terisi sepenuhnya karena karakteristik bahan kimia di dalamnya. Untuk mendapatkan kinerja yang optimal, seluruh sel baterai itu harus diaktifkan. Caranya adalah dengan mengisi dan mengosongkan sepenuhnya baterai notebook Anda sebanyak tiga kali berturut-turut. Hal ini juga berlaku untuk baterai yang lama tersimpan atau tidak terpakai selama beberapa bulan.
  2. Jangan gunakan baterai dan charger notebook yang tidak kompatibel. Jika tidak yakin dengan kompatibilitas baterai pengganti ataupun charger yang digunakan, hubungi bagian layanan dari produsen notebook terkait.
  3. Baterai notebook dapat menjadi panas dalam pemakaian normal sekalipun. Jangan gunakan notebook sambil diletakkan di pangkuan Anda.
  4. Ketika menggunakan notebook, hindari meletakkan notebook pada permukaan yang lunak / lembut, semisal pada sofa, tempat tidur atau karpet. Sebab permukaan seperti itu akan menghambat aliran udara di bagian bawah notebook dan dapat menimbulkan overheating.
  5. Jika Anda menggunakan beterai Nikel Metal Hydrida (Ni-MH), cobalah untuk mengosongkan baterai Anda sepenuhnya setiap beberapa waktu (pekan/bulan) sekali. Pengosongan total ini ditandai modus hibernasi atau indikator baterai menunjukkan tingkat 0%. Pada situasi ini, Anda bisa mencolokkan adapter notebook Anda dan mengisi baterai sampai indikator menunjukkan tingkat 100%.
  6. Jika berencana menyimpan notebook Anda dalam jangka waktu lama, lepaskan baterai dari notebook dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering. Tempat yang bisa dipakai untuk menyimpan baterai ini, misalnya ruang berpendingin udara atau ruang dengan sirkulasi udara yang cukup baik.
  7. Cegah terjadinya kontak pada dudukan baterai yang longgar dengan berbagai jenis obyek terbuat dari metal, seperti penjepit kertas, koin tipis, dan sebagainya.
  8. Baterai notebook, termasuk notebook itu sendiri tentunya, jangan sampai terjadi tekanan yang berlebihan yang diakibatkan karena terjatuh, terbentur, terhimpit ataupun tertumpuk oleh benda berat di atasnya. Hal tersebut akan mengakibatkan sirkuit di dalam baterai menjadi rentan terjadi hubungan arus pendek (korslet) yang kemudian mengakibatkan overheating.
  9. Jangan letakkan notebook di aera yang dapat menjadi sangat panas, semisal di bawah terik matahari ataupun di dalam mobil yang diparkir cukup lama di tempat terbuka saat siang hari.
  10. Menjadi basah atau terkena air, adalah hal yang harus dihindari dari notebook ataupun baterainya. Meskipun nantinya akan mengering dan dapat berfungsi normal, sirkuit di dalam notebook ataupun baterai secara perlahan akan berkarat dan membuat rentan keselamatan penggunanya.
  11. Apabila terpaksa menggunakan laptop dengan posisi baterai masih di charge, harap memperhatikan indikator baterai, kalau sudah 100% charger bisa di lepas, walaupun sekarang ini ada sistem otomatis dari laptop yang memungkinkan langsung memindah arus ke listrik apabila baterai sudah penuh, tapi buat jaga-jaga silahkan anda lepas saja arusnya apabila sudah penuh 100%.
  12. Pastikan Anda memahami cara menggunakan, menyimpan dan men-charge baterai dan notebook yang telah tertulis di dalam buku manual.
Jika dirawat dengan seksama, baterai laptop kita InsyaAllah akan bertahan lama, dan tidak cepat ngedrop. Ingatlah bahwa jika notebook kita tetap berjalan sempuna setelah sekian lama, kita sendirilah yang akan merasakan manfaatnya.

Kalau ada yang mau nambain tips merawat baterai laptop di komentar ya...? monggo silahkan...

Di ambil dari sumber yang ada di internet: Inilah.com, munama.multiply.com dan beberapa pengalaman pribadi.

Posting Komentar

thx banget tips nya pak
-
terus boleh gak nyalain laptop sambil isi batere?

Wah, thanks mr. . . Kbetulan bru beli labtob , jadi bisa buat referensi. . . He he

Pasti postingan ini berarti banget bagi pengguna leptop, sebab masih banyak rekan kerja saya yang tidak tahu, sehingga terpengaruh berita dan mitos yang simpang siur.
Maunya nanti tak ceritain ama temen-temen saya, biar semua tahu
salam kenal mas !

Nice Tips, ngomong2 misalnya batrainya sering dilepas-lepas terus diganti batrai cadangan itu apa aman, so aq rencana mo beli batrai 1 lagi bwat cadangan jika tidak ada tempat colokin kabel cas, jadi kan bisa langsung ganti aza.
Gimana tuh Mr...?

GOOD MAS...mANTEB..TERUTAMA..BUWAT LAPTOP AKU SEKELAS AXIOO

Makasih Mr Mung tipsnya.. Saya juga baru beli laptop baru. Membantu sekali untuk jaga-jaga.. Ditunggu review terbarunya..

waduh...ribet banget ya... hmm, terakhir kali charger laptopqu kerendem banjir... tak nyalain langsung bunyi.. plethuk plethuk..mantabb...hehe
beli lagi deh, yang bajakan... hik

boleh juga neh tipsnya ...
laptop saya sptny perlu d perhatikan jg neh

boleh juga neh tipsnya ...
laptop saya sptny perlu d perhatikan jg neh

boleh juga neh tipsnya ...
laptop saya sptny perlu d perhatikan jg neh

boleh juga neh tipsnya ...
laptop saya sptny perlu d perhatikan jg neh

boleh juga neh tipsnya ...
laptop saya sptny perlu d perhatikan jg neh

boleh juga neh tipsnya ...
laptop saya sptny perlu d perhatikan jg neh

bateraai sayasudah ngedrop ni mas, ampe 5 menit aja nggak tahan. . ada solusi nggak biar bisa tahan lebih lama?

pantesan bebrapa waktu lalu laptop saya hang, mkn krn pakai laptop diatas kasur.. baru tau saya, trims infonya

Agar usia pemakaian batere Laptop lebih lama, batere harus di recycle, caranya batere digunakan tanpa adaptor di konek ke arus PLN, alarm di set pada level tersendah biarkan batere samapai habis dengan sendirinya, proses ini diulangi setiap 2 bulan.

[facebook][blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget

Label