Sholat Subuh Kesiangan Karena Lembur Orderan

Bismillah... semoga Allah senantiasa memberikan Ridlo dan ampunannya kepada kita semua, amiiin...

Allah SWT telah menjadikan agama pilihannya ini mudah untuk dijalankan dan sesuai dengan kesanggupan setiap hamba-Nya.

وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِي الدِّينِ مِنْ حَرَجٍ

Artinya : “Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan.” (QS. Al Hajj : 78)

يُرِيدُ اللّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلاَ يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ


Artinya : “Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.” (QS. Al Baqoroh : 185)

Diantara beberapa kemudahan yang diberikan Allah swt kepada hamba-hamba-Nya didalam beribadah misalnya: dibolehkan bagi seseorang menggunakan debu untuk bertayamum ketika dirinya tidak menemui air untuk berwudhu atau memilikinya akan tetapi hanya cukup untuk minum saja, dibolehkan bagi seorang musafir (yang melakukan perjalanan jauh) menggabungkan (jama’) dua shalat, yaitu zhuhur dan ashar atau maghrib dan isya serta dibolehkan baginya memotong jumlah rakaat shalat (qoshor) yang empat rakaat menjadi dua raka’at kecuali shubuh dan maghrib, dan dibolehkan bagi seorang yang sedang sakit payah untuk tidak berpuasa di bulan ramadhan dan banyak lagi yang lainnya.

Termasuk diantara kemudahan syariat islam ini adalah dibolehkan bagi seseorang yang lupa tidak melaksanakan shalat untuk kemudian melaksanakannya ketika dirinya teringat dan juga dibolehkan bagi seseorang yang tertidur tidak melaksanakan shalat shubuh untuk kemudian melaksanakannya ketika dirinya terbangun walaupun waktu shubuh itu telah habis, berdasarkan sabda Rasulullah saw,”Barangsiapa yang lupa (melaksanakan) shalat atau tertidur maka kafaratnya adalah melaksanakannya (shalat itu) ketika dia teringat.” (HR. Muslim)
Firman Allah swt :

فَاعْبُدْنِي وَأَقِمِ الصَّلَاةَ لِذِكْرِي


Artinya : “Maka sembahlah aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat aku.” (QS. Thaha : 14)

Semoga Allah Yang Maha Pemurah memaklumi sholat subuhku yang kemarin-kemarin sering kesiangan karena malamnya harus nglembur nggarap orderan. dan sekarang semoga gak sering kayak dulu lagi, hehe... soalnya Mushola ada disamping rumah, kalau adzan pasti kaget, soalnya keras banget, kayak bunyi diatas rumah, kalau masih kesiangan juga, Sungguh Terrlaaalu!

Posting Komentar

Kalau bangunnya Jam 8 masih boleh ya Mas...???

Kalau melihat hadits diatas, jangankan bangun jam 8, bangun jam 12 pun kalau memang ketiduran tidak ada unsur kesengajaan, tetap dimaafkan dan tetap kewajiban sholat subuh. :-D

wah. .tapi ga dapat dunia dan seisinya dunk . .. ( pahala shalat fajar )

salam sahabat,
gus sering sholat subuh jam 6an kalao lagi ionsomnia bisa jamaah di masjid

@akbar: semoga sj ntar dapat, hehe..
@Gus: salam sahabat jg, memang kadang berat banget buat bangun, palagi kl malamnya melek kemaleman.

saya tidur sekitar jam 9 paling lama jam 10. jadi bisa bangun pagi jam 5 lewat untuk sholat shubuh

Wah hebat Mr. Mung kebanjiran order ya, OK deh asal jangan jadi kebiasaan kesiangan hehe, salam kenal..

wewh iy sama dengan saya kalo ngeblog sampe kepagian, shubuh sering terlewatkan jam 6 pagi, tp kalo di biasakan sungkan jga dengan Sang Pencipta :( moga bs berbenah amin...

Ahsan Mr.Mung.

Asalkan jangan tiap hari aj kesiangannya.....,
betul ga Mas...

Lupa deh....
Salam Kenal ya Mas.....

inilah agama yg sempurna, segala urusan kita dimudahkan. saya pun sering kesiangan shalat shubuh, sedih deh rasanya.
semoga kita semua termasuk ke dalam golongan orang2 yg beruntung. amiin, ya robbal alamin.

[facebook][blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget

Label