Rangkuman Materi Kelas VII -1

  1. Teknologi Informasi diartikan sebagai teknologi untuk memperoleh, mengolah, menyimpan, dan menyebarkan berbagai jenis fle informsi dengan memanfaatkan komputer dan telekomunikasi yang lahir dari dorongan-dorongan kuat untuk menciptakan inovasi dan kreatiftas baru yang dapat mengatasi segala kemalasan dan kelambatan kinerja manusia.
  2. Media komunikasi tradisional terdiri dari Asap, Kentongan, Prasasti dan Daun Lontar. Sedangkan media komunikasi modern meliputi Telegraf, Televisi, Telepon, Handphone, Poket PC, LCD Proyektor, Faksimili, Radio, Komputer dan Internet.
  3. Kata komputer berasal dari bahasa Yunani yaitu “computare” yang berarti menghitung. Komputer sendiri adalah alat yang digunakan untuk memanipulasi dan mengelola data berdasarkan perintah yang diberikan oleh penggunanya.
  4. Internet adalah kepanjangan dari Interconnected Network atau jaringan Komputer yang saling terhubung satu sama lain di seluruh dunia.
  5. Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. 
  6. Pada masa Pra Sejarah, manusia berkomunikasi dengan menggambarkan informasi pada dinding-dinding gua tentang berburu dan binatang buruannya. Manusia mulai mengenal berbagai benda yang ada disekitarnya dan melukiskan benda tersebut pada dinding-dinding gua untuk mewakilinya.
  7. Pada tahun 3000 SM, bangsa Sumeria menemukan tulisan berupa simbol-simbol yang disebut piktograf untuk pertama kalinya.
  8. Masa Modern, diawali dengan beredarnya koran pertama di Eropa sekitar tahun 1450 M.
  9. Pada tahun 1969 M, lahirlah ARAPANET yang merupakan cikal bakal dari Internet dunia.
  10. Perkembangan dan kemajuan berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi tidak terlepas dari perkembangan alat hitung, mulai dari yang sederhana sampai yang rumit seperti komputer. Beberapa alat hitung yang digunakan dimulai dari Abacus, Kalkulator roda numerik,kalkulator roda menanik dan kalkulator mekanik.
  11. Komputer generasi pertama ini mempunyai ciri menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data, cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer, dan juga memerlukan daya yang sangat besar.
  12. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.
  13. Konsep semakin kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk terus melakukan pelbagai penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Sedikit silicium yang mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga.
  14. Pada komputer generasi ke-empat ini, ilmuwan berhasil menyusun chip-chip dalam sebuah sirkuit dan berhasil membuat microprocessor. Microprocessor pertama adalah Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.
  15. Negara yang mempelopori perkembangan komputer generasi kelima ini adalah Jepang. Kemungkinan pengembangan komputer lainnya ialah kemampuan komputer memecahkan masalah sendiri dengan bantuan AI (Artifcial Intellegence).
  16. Di dalam peraturan hak cipta ada beberapa hak yang didapatkan oleh seseorang atau beberapa orang yang secara hukum telah menjadi pemegang hak cipta, yaitu hak ekslusif, hak ekonomi dan hak moral.
  17. Kejahatan dapat dilakukan juga melalui internet dengan menggunakan sarana komputer. Kejahatan melalui internet, dalam hal ini sering disebut dengan Cybercrime. Beberapa nama kejahatan yang dilakukan di internet adalah Hacking, Cracking, Carding, Spamming, Phising, Phreaking, Illegal Contents, dan Cyber Sabotage. 
  18. Virus komputer adalah sebuah Program yang berukuran relatif kecil dan bersifat sebagai parasit yang mampu hidup dan menggandakan dirinya menyerupai fle maupun folder dan sangat mengganggu pengguna komputer yang terinfeksinya. Jika sebuah fle terinfeksi virus, maka dia akan menyebar bukan hanya pada sistem komputer yang terinfeksi tetapi juga ke komputer dalam satu jaringan LAN dan bahkan ke internet. 
  19. Virus komputer meyebar melalui berbagai media termasuk media internet dan penyimpanan (fle storage) seperti CD-ROM, Disket, Flash Disk, Hard Disk, dan Memory Card.
  20. Hak Cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta maupun penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya maupun memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan menurut peraturan undang-undang yang berlaku.
Di kutip dari ebook BSE Karya Julianto Arif S, dkk.

Posting Komentar

[facebook][blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget

Label