Menambahkan Lokasi Sekolah ke Google Maps

Lokasi sekolah di Kabupaten atau Kota anda mungkin masih banyak yang belum terdaftar secara detail di Google Maps, hal ini sering menjadi kendala bagi rekan anda yang ingin berkunjung ke lokasi tempat kerja anda, walaupun sudah diberi alamat secara tertulis, akan lebih baik jika dibarengi dengan peta yang detail bahkan bisa terdeteksi jarak antara lokasi A dengan lokasi kantor anda dengan bantuan fasilitas online yang disediakan oleh Google Maps.

Berawal dari lokasi tempat kerja saya di SMP N 1 Kaliwungu Kab. Semarang yang belum bisa ditemukan di Google Maps, maka dengan ini saya menuliskan langkah-langkah saya dalam mendaftarkan dan menambahkan lokasi sekolah saya di Google Maps sampai berhasil terdaftar, semoga bisa menginspirasi anda segera ACTION mendaftarkan sekolah, kantor, instansi, atau bahkan toko bisnis anda ke Google Maps.

Berikut langkah-langkah menambahkan lokasi sekolah ke Google Maps:
  1. Buka http://www.google.com/local/add dan login menggunakan akun gmail anda.
  2. Pada halaman setelah anda login, anda akan diminta memasukan no telepon kantor anda, silahkan anda masukan no telepon kantor, kalau tidak ada anda bisa gunakan no hp anda sebagai penanggung jawab, pastikan no telepon aktif karena nanti akan digunakan untuk menerima kode validasi yang akan dimasukan pada tahap selanjutnya.
  3. Pada tahap ke tiga ini anda diminta mengisi form informasi lengkap tentang sekolah anda, silahkan anda masukkan dengan sebenar-benarnya dan selengkap mungkin, mulai dari identitas sekolah, jam kerja, dst. Pada tahap ini juga, anda diminta menambahkan lokasi sekolah anda di google maps dengan cara klik pada link teks seret penanda pada lokasi yang benar disebelah kanan, nanti akan tampil jendela untuk menentukan lokasi anda, klik pada pilihan Hibrida dan silahkan anda tentukan lokasi sekolah anda dengan benar, anda klik dan seret penanda, dan diakhiri dengan menyimpan perubahan. Perhatikan gambar berikut:
  4. Stelah form di isi lengkap silahkan anda klik tombol kirim yang ada di paling bawah form pengisian, dan akan tampil halaman selanjutnya untuk validasi data melalui no telepon yang sudah anda masukan, bisa melalui pesan singkat (SMS), voice call, dan ada juga alternatif verifikasi lainya, yaitu melalui pos tapi jika menggunakan layanan pos sangat tidak direkomendasikan, karena butuh waktu 2-3 minggu, sedangkan jika pakai sms atau voice call hanya butuh waktu beberapa detik saja.

    Nomor PIN untuk validasi akan terkirim ke no telepon anda beberapa digit angka, silahkan anda masukan dan klik GO.
  5. Setelah proses validasi data selesai, saatnya anda menunggu hasilnya sekitar 1 minggu, dan sekolah anda bisa anda temukan di google maps.
Contoh hasil akhirnya seperti pada gambar dibawah ini:


Cara-cara diatas bisa juga dipraktikan bagi anda yang memiliki usaha/ bisnis yang menginginkan tampil di Google Maps, keuntunganya tentunya lokasi anda akan mudah dicari orang lain, apalagi saat ini untuk mencari lokasi suatu tempat sering menggunakan layanan Google Maps.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat. 

    Posting Komentar

    Ini perlu untuk yang punya toko, lumayan kan orang bisa lihat lokasi toko kita. man tahu ada yang mau beli. Mbah google memang mantap. Makasih mas bro atas infonya. Mau coba ni..he..he..salam kenal ya...

    saya sudah mencobanya,,,namun saat saya menulis alamat,,,tidak ad peta yang tampil untuk dibenarkan letak nya,,,dan tidak bisa di klik kirim juga,,itu knapa ya,,,??

    sudh dicoba, dan sudah ada verifikasi, itupun saya menunggu sampai 2x24 jam,, tapi saya cari di google maps, ko' tidak ada.. mohon petunjuk lebih lanjut,, makasih

    This comment has been removed by the author.

    sudah dicoba, tingal menunggu 1 minggu kedepan. mudah-mudahan alamat sekolah saya sudah ada di google maps. makasih...

    validasi melalui telepon/sms nya kok g mau keluar ya?

    pastikan kode negara indonesia 62 sudah dimasukan dan benar, silahkan dicoba lagi, semoga berhasil.

    ane pernah milih via post, tapi sampai 3 bulan gak terkirim juga. surat dari google nyasar kali ya

    hehe.... bisa juga nyasar mas, makanya saya pribadi milih via phone.

    sudah pasti kok...kan sudah ada gambar benderanya
    itu diisi di detail contact infonya kan?

    udah gak bisa , tampilanya aja beda

    [facebook][blogger]

    MKRdezign

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *

    Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget

    Label