Cara Membuat Formulir di Google Drive / Google Doc

Google Drive memfasilitasi penggunanya untuk membuat, menyimpan dan membagi  dokumen dengan  pengguna  lainnya.  Untuk  layanan  simpan,  Google  Drive  memberikan  layanan penyimpanan dengan kapasitas cukup besar, saat ini untuk versi gratis google memberikan kapasitas penyimpanan sampai 10 GB. Jika anda merasa masih kurang, tentunya anda bisa menambah kapasitasnya dengan mengambil paket berbayar. Pemanfaatan google drive pernah saya bahas pada postingan Memanfaatkan Google Drive Untuk Menyimpan dokumen.

Pada posting kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat formulir online yang bisa anda manfaatkan untuk keperluan bisnis online anda, atau formulir online untuk keperluan pendaftaran seminar, workshop, dan lain sebagainya.
Sebagai contohnya kita akan membuat sebuah formulir dengan 5 item yaitu:
  1. Nama, 
  2. Jenis Kelamin, 
  3. Email, 
  4. No Telpon
  5. Alamat

Perlu anda ketahui bahwa  tiap item diatas nantinya otomatis akan berubah menjadi nama kolom pada tabel di Google Doc, dengan urutan sesuai yang anda buat nantinya.

Berikut langkah-langkah membuat formulir di Google Drive:
1. Buka URL http://drive.google.com dan login menggunakan akun gmail anda.


2. Klik tombol mulai kemudian klik tombol Buat dan arahkan pada pilihan Formulir. perhatikan gambar beriku:


3. Tuliskan judul formulir dan pilih template formulir yang anda sukai, kemudian klik OK.


3. Tuliskan judul formulir, petunjuk pengisian, dan mulailah membuat fild yang anda butuhkan, sebagai contoh disini saya akan membuat fild: Nama,  Jenis Kelamin,  Email,  No Telpon dan Alamat.



Untuk nama, email, anda bisa menggunakan  jenis teks, untuk jenis kelamin anda bisa gunakan jenis list/ pilihan.
Tiap membuat 1 fild jangan lupa klik selesai, begitu seterusnya sampai fild yang anda butuhkan selesai dibuat.

4. Kirim formulir untuk mendapatkan link menuju formulir, link ini nantinya bisa kita bagikan atau kita pasang di blog kita.


Sedangkan bagi anda yang menginginkan menyematkan formulir ke blog secara langsung anda bisa memilih tombol Sematkan kemudian copy kode yang tampak, dan pasang di blog anda.


Kemudian setting untuk tujuan tanggapan, yang nantinya akan terekam pada spreadsheet seperti pada MS. Excel.


Terakhir klik tombol Buat, contoh formulirnya bisa anda buka pada link berikut:
https://docs.google.com/forms/d/1nsX8AmRI2qLZsAJNSWePF2DlYzk_jMXeyAhOG5CXEXI/viewform 

Penampakan formulir seperti gambar berikut:

 
 
Hasil dari pengisian data di formulir akan direkam dalam spreadsheet seperti pada gambar berikut:



Pada tabel akan ada tambahan 1 kolom diawal yang berisi waktu lengkap saat data dikirim dan diterima sistem.

Demikian Cara Membuat Formulir di Google Drive / Google Doc Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

[facebook][blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget

Label