Pemilihan Guru Berprestasi Tahun 2014

Bagi anda para Guru di Jawa Tengah, tahun ini Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah akan mengadakan pemilihan Guru Berprestasi, dan sebagai seleksi awal akan dilaksanakan ditiap kabupaten/ kota di wilayah provinsi Jawa Tengah.

Untuk Kabupten Semarang sendiri seleksi pemilihan Guru Berprestasi akan dilaksanakan pada tanggal 16-17 Mei 2014. surat resmi dari dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Semarang bisa anda unduh di link berikut: Surat Pemilihan Diktendik Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2014, sedangkan bagi anda yang ingin mempelajari terlebih dulu pedoman lengkap untuk menjadi Guru Berprestasi bisa anda unduh di link berikut:
Download Pedoman Guru Berprestasi 2014

Persyaratan Peserta Guru Berprestasi Tahun 2014 Sesuai Buku Pedoman Guru Berprestasi 2014:

Persyaratan Peserta

Persyaratan peserta Pemilihan Guru Berprestasi mulai dari tingkat sekolah sampai dengan tingkat nasional, terdiri dari persyaratan akademik dan persyaratan administratif.
1. Persyaratan Akademik
a.  Memiliki kualifikasi akademik minimal sarjana (S1) atau diploma empat (D-IV).
b. Guru unggul/mumpuni dilihat dari kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Subkompetensi masing-masing kompetensi disajikan pada bagian penilaian.
1) Kompetensi pedagogik tercermin dari tingkat pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
2) Kompetensi kepribadian tercermin dari kemampuan personal, berupa kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat, dan berakhlak mulia.
3) Kompetensi sosial tercermin dari kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.
4) Kompetensi profesional tercermin dari tingkat penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya.
c. Guru yang menghasilkan karya kreatif dan atau inovatif dalam:
1) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, antara lain melalui:
a) pembaruan (inovasi) dalam pembelajaran atau bimbingan;
b) penemuan teknologi tepat guna dalam bidang pendidikan;
c) penulisan buku teks pelajaran, buku pengayaan, dan buku pedoman guru;
d) penciptaan karya seni;
e) pembuatan/modifikasi alat pelajaran (peraga);
f) publikasi ilmiah atas hasil penelitian atau gagasan inovatif;
g) karya atau prestasi di bidang olahraga; dan
h) pengembangan diri melalui diklat fungsional/kegiatan kelompok kerja.
2) Bimbingan langsung kepada peserta didik hingga mencapai prestasi di bidang intrakurikuler dan/atau ekstrakurikuler.

2. Persyaratan Administratif
a. Guru SMP yang mengajar di sekolah negeri atau swasta serta tidak sedang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah atau sedang dalam proses pengangkatan sebagai kepala sekolah atau sedang dalam transisi alih tugas ke unit kerja lainnya.
b. Aktif melaksanakan proses pembelajaran/bimbingan dan konseling yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah.
c. Mempunyai masa kerja sekurang-kurangny...  Lebih lengkapnya silahkan Download Pedoman Guru Berprestasi 2014 .

Posting Komentar

[facebook][blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget

Label