Soal UKG 2015 Berjumlah 60-100, Apa Saja Jenis Soalnya?

UKG tahun 2015 yang dalam rencananya akan dilaksanakan sekitar bulan nopember 2015 akan diikuti oleh 3.015.315 guru yaitu untuk semua guru baik yang sudah pernah mengikuti UKG maupun bagi guru yang belum mengikuti UKG. UKG tahun ini juga dalam rangka pemenuhan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Kemendikbud, yaitu rata-rata kompetensi guru pada tahun 2019 mencapai angka delapan (8,00).

Sebagaimana kita ketahui bahwa pada tahun 2012 lalu, Kemendikbud telah melaksanakan UKG secara online dan offline bagi guru dan Kepala Sekolah, namun hasil UKG tersebut menunjukkan nilai rata-rata UKG yang cukup kecil yaitu sebesar 4,7, oleh karena itu UKG tahun 2015 ini diharapkan bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan nilai yang lebih baik pula.

Kompetensi yang diujikan dalam Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015 adalah kompetensi pedagogik dan profesional, jumlah soal UKG 2015 antara 60-100 butir, tergantung mata pelajaran masing-masing.

Soal untuk Kompetensi Pedagogik berisi tentang kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik dalam proses kegiatan belajar mengajar disekolah. 
Ada 7 aspek kemampuan yang harus dimiliki seorang guru, yaitu:
  1. Mengenal karakteristik anak didik
  2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
  3. Mampu mengembangan kurikulum
  4. Kegiatan pembelajaran yang mendidik
  5. Memahami dan mengembangkan potensi peserta didik
  6. Komunikasi dengan peserta didik
  7. Penilaian dan evaluasi pembelajaran
Soal untuk kompetensi profesional tentunya berisi tentang kemampuan profesional seorang guru sesuai mata pelajaran yang diampu. Oleh karena itu, supaya anda berhasil dengan nilai yang memuaskan dalama Uji Kompetensi Guru tahun 2015 ini, segera belajar sesuai kompetensi yang akan diujikan. Semoga Sukses.

Posting Komentar

[facebook][blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget

Label