Tips Sukses Mengisi Data PUPNS

Sejak bulan september web pupns.bkn.go.id sudah digempur jutaan PNS seluruh Indonesia, tak ayal lagi server ePUPNS pun down, sering tidak bisa menyimpan hasil input PNS, alhasil Banyak PNS yang kecewa, emosi dikarenakan saat mau menyimpan  data yang sudah diketik, muncul pesan error, web tidak bisa dibuka atau muncul halaman login jadi harus login dengan memasukan kode registrasi dan password kembali, dan tidak sedikit yang akhirnya mengambil sikap cuek, tanpa memikirkan pengisian data PUPNS.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Pendataan melalui web PUPNS dalam rangka penerapan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara berbasis Teknologi Informasi, cara mendaftar atau registrasipun sangatlah mudah dan cepat, anda bisa lihat video panduan cara registrasi PUPNS dengan cepat. Dengan adanya pendataan PNS melalui web pupns ini diharapkan data seluruh PNS di Indonesia akan mudah diakses oleh yang berkepentingan dan tentunya sistem ini tetap dirancang dengan memiliki sistem keamanan yang terpercaya, efisien, efektif dan akurat.

Pada posting ini akan saya bagikan tips sukses mengisi data pupns supaya tetap aman terkendali tanpa emosi berlebih, hehe...

  1. Persiapkan data-data anda, mulai dari data diri, data anak, sk-sk, dll, pastikan anda tuliskan dalam file excel, formatnya bisa anda Download DISINI.
    Tujuan penulisan data-data di file excel ini adalah, jika saat anda mengisi data, gagal menyimpan disebabkan server PUPNS down, maka anda tidak harus mengulang mengetik data-data anda, cukup buka file excel, copy dan paste saja data yang anda butuhkan.
  2. Pastikan koneksi internet anda stabil dan lancar
  3. Pilihlah waktu yang tepat, anda bisa memilih waktu yang kira-kira PNS lain tidak banyak yang sedang mengisi data PUPNS, seperti waktu-waktu berikut:
    - Pagi jam: 04.00 - 06.50 (alasan: waktu sholat subuh dan banyak orang sedang mempersiapkan diri untuk berangkat kerja, atau bahkan dalam perjalanan menuju tempat kerja)
    - Siang jam: 11.30 - 12.30 dan 14.00 - 15.30 (alasan: pada jam ini, waktunya istirahat dan makan siang, serta istirahat siang dan beberapa PNS dalam perjalanan pulang ke rumah)
    - Sore jam: 17.00 - 18.45 (alasan: waktu ibadah, berdzikir dan mengaji jadi banyak PNS muslim yang tidak online)
    - Malam jam: 00.30 - 02.30 (alasan: banyak PNS yang sudah masuk dalam dunia mimpi, jadi waktu ini juga cukup tepat untuk mengisi data PUPNS, biar tambah lancar dan berkah bagi yang muslim bisa sambil berdzikir, membaca sholawat dll.).
  4. Jika persiapannya sudah siap, silahkan anda buka https://epupns.bkn.go.id/login masukkan user id dan password anda. semoga lancar dan sukses dalam mengisi data pupns.

    .:: Bagi Anda yang masih kesulitan saat menyimpan dikarenakan sering logout sendiri, silahkan coba cara berikut: 
  1. Saat akan menyimpan data. JANGAN langsung klik tombol SIMPAN
  2. Klik KANAN pada Data Utama, atau data yang lain (Bebas Pilih). Lalu pilih OPEN LINK IN NEW TAB (BUKA LINK DI TAB BARU) 
  3. Setelah terbuka, Biasanya pada TAB Baru tersebut akan kembali kemenu Login 
  4. Login kembali dengan Akun yang sama, dan Setelah berhasil masuk. 
  5. Kembali ke TAB data yang mau disimpan (Klik pada TAB yang mau diSIMPAN tadi)
  6. Lalu Klik SIMPAN. 
  7. Maka data berhasil disimpan.
    **Lakukan Hal yang sama pada saat proses penyimpanan Data yang lain. 

Jika ada pengalaman lain, bisa anda tuliskan di kolom komentar dibawah postingan ini, jangan lupa silahkan sebarkan tips sukses mengisi data PUPNS ini jika informasi ini bermanfaat.

Semoga Tips Sukses Mengisi Data PUPNS bermanfaat.

Posting Komentar

Bismillahirrohmaanirrohiim ........................
Insya Alloh sya akan coba!mdh2n berhasi! Aamiin yaa robbal 'alamiin!

Semoga lancar... namun jika semua PNS pakai waktu yang sama seperti tips diatas, jadinya sama saja alias sami mawon waktu luangnya gak ada. hehe.... namun demikian, waktu-waktu itu menurut saya yang pas, kalau ibu2, tambah lagi pas waktu jumatan, itu juga lumayan.

KUNCI UTAMANYA SABAAAAARRRRRR......... WALAUPUN HARUS LOGIN BERULAN-ULANG

memang tak jauh beda skr aja hp hai jum'atnya msmsh muter2.m'ksih info nya, tp jum'atnya msih jauh.apa ga kburu hbis limit wktunya.sy bnar2 pusing+bngung tkut ga slesai, klau BKN mmbiarkan keadaan sprti ini

Kejadian ini menyeluruh se Indonesia, kalo saya boleh menyimpulkan, data ini sudah diakui valid jika sudah registrasi n ada beberapa data yang telah di isi.. artinya PNS tersebut telah tercatat aktif.. dan ini meminimalisasi keberadaan PNS bodong

[facebook][blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget

Label