Bantuan Dana Penulisan PTK Tahun 2016 Guru sampai dengan 14 juta, Minat? Segera kirim Karya Anda!

Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan penelitian yang dilakukan guru di kelasnya sendiri dengan cara merancang, melaksanakan, dan juga merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan   partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai seorang guru sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat sesuai yang diharapkan guru, sekolah, dan tentunya orang tua siswa, jadi melakukan penelitian tindakan kelas untuk penting bagi guru.

Manfaat Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru adalah sebagai berikut:

  1. Membantu guru untuk memperbaiki mutu pembelajaran
  2. Meningkatkan profesionalitas guru
  3. Meningkatkan rasa percaya diri sebagai guru
  4. Memungkinkan guru secara aktif bisa mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki sebagai guru.

Untuk melakukan PTK paling tidak anda harus memperhatikan empat langkah dalam menyusun peneltian tindakan kelas, silahkan baca pada tulisan saya di Empat Langkah Utama dalam Melakukan Penelitian Tindakan Kelas.


Ada informasi menarik yang saya ambil dari group di FB yang katanya ada staf  khusus menteri  disana, bahwa tahun 2016 Pemerintah memiliki Progam Bantuan Dana Penulisan PTK untuk Guru semua Jenjang baik itu SD/SMP/SMA/SMK yang anggarannya 8 - 14 juta per guru. Besaran dana bantuan akan disesuaikan dengan wilayah tempat bapak ibu melakukan PTK.

Untuk mendapatkan bantuan dana penulisan PTK silahkan baca Petunjuk Teknis / Juknis Panduan pelaksanaan program dana bantuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Tahun 2016:

  1. Tulisan pada cover harus memuat: judul proposal, data diri guru: nama lengkap, alamat, No telp sekolah, Kab / kota dan provinsi, alamat email pribadi dan No handphone.
  2. Format penulisan proposal PTK : 15-20 halaman, 1,5 spasi times New roman dg kertas A4 margin kiri 3 cm, kanan 2,5 cm, atas 2,5 cm dan bawah 3 cm.
  3. Isinya: Lembar cover, judul, pendahuluan, tujuan, kerangka konsep / teori, metodologi, jadwal penelitian, daftar pustaka, lampiran.
  4. Jadwal Pendaftaran / Pengajuan Proposal PTK Terakhir 31 Januari 2016
  5. Dikirim dalam bentuk hard / soft copy, untuk softcopy lewat email ke : ptkguru2016@gmail.com.
  6. Sedangkan untuk pengiriman dalam bentuk hard copy (print out) ke alamat : Puslitjakdikbud Balitbang kemendikbud - Gedung E lantai 19 Jl Jenderal Sudirman - Senayan jakarta 10270 Telp (021) 57900404, 5736365, 5713827.

Nah, bagaimana Bapak/ Ibu guru? anda tertarik? terus bagaimana melakukan PTK? silahkan baca selengkapnya di postingan Bagaimana Merencanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

PANDUAN PELAKSANAAN PROGRAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN TAHUN 2016 [DOWNLOAD DISINI]

SARAN SAYA: 
*) Selalu hati-hati dengan informasi yang beredar di Internet, usahakan lakukan pengecekan langsung ke dinas/ instansi terkait untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Posting Komentar

[facebook][blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget

Label