Guru Merokok di Sekolah Bisa Dimutasi, Bernarkah?

Media online rame memberitakan masalah ini, Guru Merokok di Sekolah Bisa Dimutasi, tapi benarkah bisa terjadi MUTASI hanya karena gara-gara merokok di sekolah?

Guru dan kepala sekolah yang suka merokok di lingkungan sekolah jelas ini memang tidak bisa dibenarkan secara hukum, karena apa? sekarang itu sudah ada larangan merokok di sekolah yang  tertera dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 64 Tahun 2015 tentang kawasan tanpa rokok di sekolah.

Seperti yang disampaikan Menteri pendidikan Anis Baswedan dalam Perayaan Puncak Bulan Pendidikan dan Kebudayaan 29 Mei 2016, bahwa di lingkungan sekolah, guru jelas tidak boleh merokok dan jika dilanggar akan ada sanksinya, . Kepala sekolah atau guru yang terbukti melanggar bisa diMUTASI.

Mas Menteri Anis Baswedan menegaskan, aturan demikian sangat penting dan perlu diterapkan. Sebab, dia melanjutkan, rokok bisa menjadi pintu gerbang untuk masuk ke dunia narkoba dan sebagainya. beliau juga mengutarakan tentang tindakan terhadap siswa yang merokok. Siswa seperti ini tidak diperkenankan untuk diberhentikan oleh sekolah, namun sekolah justru memiliki tanggung jawab untuk membina mereka. “Jadi kalau sekolah menemukan anak merokok, panggilkan orang tuanya baik-baik dan dibina,”.

Pada Permendikbud pasal lima dijelaskan, kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, peserta didik, dan pihak lain dilarang merokok, memproduksi, menjual, mengiklankan, dan/atau mempromosikan rokok di lingkungan sekolah. Kepala sekolah wajib menegur dan/atau memperingatkan dan/atau mengambil tindakan apabila terdapat yang melanggar.

Kepala sekolah juga dapat memberikan sanksi kepada guru, tenaga kependidikan, dan pihak lain yang terbukti melakukan pelanggaran. Selanjutnya, guru, tenaga kependidikan, dan/atau peserta didik dapat memberikan teguran atau melaporkan kepada kepala sekolah apabila terbukti ada yang merokok.

Dinas pendidikan setempat, sesuai dengan kewenangannya, harus memberikan teguran atau sanksi kepada kepala sekolah apabila terbukti melanggar ketentuan.

Nah.... Guru Merokok di Sekolah Bisa Dimutasi, Bernarkah? tentu sangat benar, jika merokoknya ketahuan pejabat yang disiplin dan taat aturan, namun tentu saja setelah melalui beberapa proses sesuai aturan yang berlaku, bukan serta merta, ketahuan merokok langsung MUTASI, paling juga silahkan PINDAH!  (pindah tempat merokoknya saja) :)

Posting Komentar

[facebook][blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget

Label