Penjelasan Resmi Tentang Sertifikasi Untuk Guru Tetap Bukan PNS Pada Sekolah Negeri

Salam Bagak/ Ibu guru di Indonesia, semoga senantiasa dalam kebahagiaan. amiiin.... berikut ada informasi penting dan perlu dipahami bersama tentang Penjelasan Resmi Tentang Sertifikasi Untuk Guru Tetap Bukan PNS Pada Sekolah Negeri yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, surat resmi bernomor 30529/BI.3/GT/2016 isinya sebagai berikut:

Menindaklanjuti surat Saudara Nomor 2687/UN37.3.2/TU/2016, tanggal 05 Agustus 2016 perihal Permohonan Penjelasan, dengan hormat kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut:
  1. Pasal 8 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (UUGD) mengamanatkan bahwa Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
  2. Guru yang dimaksud dalam UUGD adalah Guru dalam jabatan yang memiliki pengertian sebagai guru yang diangkat sebelum berlakunya UUGD tersebut.
  3. Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru, lebih lanjut mengatur mengenai Guru dalam jabatan sebagaimana dimaksud dalam UUGD.
  4. Dalam Permendikbud Nomor 05 Tahun 2012 tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan disebutkan bahwa Guru dalam jabatan adalah guru yang telah diangkat menjadi guru sebelum ditetapkannya UUGD pada tanggal 30 Desember 2005.
  5. Sedangkan Persyaratan Peserta Sertifikasi Guru Dalam Jabatan diatur dalam Buku 1, Pedoman Penetapan Peserta yang salah satunya mensyaratkan Guru Tetap bukan PNS pada sekolah negeri harus memiliki Surat Keputusan pengangkatan sebagai guru honor tetap dengan gajidari APBD dari pejabat yang berwenang (Bupati/Walikota/ Gubernur) minimum 2 tahun terakhir berturut-turut.
  6. Atas dasar pertimbangan di atas dapat kami simpulkan bahwa persyaratan dimaksud tidak bertentangan dengan Pasal 8 Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2005 tentang Pegangkatan Tenaga Honorer Menjadi CPNS.

Download surat dibawah ini:

Posting Komentar

[facebook][blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget

Label