Peningkatan Kompetensi Guru Melalui KKG, MGMP Semakin Strategis

Seorang guru yang professional harus dapat mengetahui perannya dengan jelas, menyiapkan bahan atau materi pelajaran terutama yang baru, menyiapkan murid untuk menerima pelajaran, cara pengajaran yang tepat, teknik pengajaran yang sesuai, strategi pengajaran yang efektif, dan memiliki ketrampilan yang memadai, dan juga guru tidak melupakan untuk mereview pelajaran yang lalu, memberikan pelatihan  aplikasi dan konsep, juga memberikan umpan balik atau koreksi & melakukan review mingguan dan bulanan.

Untuk menjadi guru yang professional tidaklah semudah yang kita bayangkan, guru juga memerlukan pelatihan-pelatihan maupun seminar-seminar yang tujuannya adalah untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi guru itu sendiri. Dan untuk membuat pelatihan ataupun seminar diperlukan orang orang yang punya kemampuan yang lebih, punya kepedulian, loyalitas, untuk mengelola dan mengadakan suatu kegiatan yang bisa dinikmati oleh guru-guru untuk peningkatan kompetensi diri dalam suatu wadah Kelompok Kerja Guru ( KKG)/ Musyawarah Guru Mata Pelajaran. KKG(MGMP).

Istilah KKG( Kelompok Kerja Guru) dipakai untuk tingkat SD maupun MI dan MGMP ( Musyawarah Guru Mata Pelajaran ) dipakai untuk tingkat SMP, SMA, SMK,  sebagai Organisasi menjadi sarana peningkatan profesionalitas bagi guru semua Mata Pelajaran baik secara individu maupun organisasi. Mengingat guru merupakan anggota dari KKG atau MGMP sebagai organisasi maupun mandiri, maka fungsi layanannya kepada guru akan semakin terasa, sebab KKG atau MGMP adalah organisasi yang langsung bersentuhan dengan guru.

Berdasarkan surat edaran perihal Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pemberdayaan Kelompok Kerja dari Dirjen GTK, bahwa Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Kelompok Kerja Kpala Sekolah (KKKS), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS), Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS), dan kelompok kerja lainnya merupakan wadah yang efektif bagi guru dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan profesionalitasnya.
Untuk menguatkan kelompok kerja, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan telah memulai menggunakan sistem informasi untuk mengelola data kelompok kerja. Melalui sistem tersebut diharapkan pengelolaan kelompok kerja dapat lebih optimal dalam perencanaan, penganggaran, dan pengendalian kegiatan peningkatan kompetensi guru melalui kelompok kerja dimaksud.

Sehubungan dengan hal diatas Dirjen GTK menghimbau untuk memastikan semua guru dan tenaga kependidikan terdaftar dalam kelompok kerja melalui sistem informasi yang dapat diakses melalui alamat: https://sim.gurupembelajar.id/
Disamping itu, pastikan bahwa semua guru telah mendapatkan akun untuk login di sistem informasi ini, sehingga bisa mengecek sendiri laporan hasil UKG, mendapatkan informasi-informasi lain yang berkaitan dengan program ini yaitu untuk guru anda bisa kunjungi: https://sim.gurupembelajar.id sedangkan untuk tenaga kependidikan melalui: http://pembelajar.tendik.kemdikbud.go.id/

Berikut surat edaran resmi dari dirjen GTK yang berkaitan dengan postingan Peningkatan Kompetensi Guru Melalui KKG, MGMP Semakin Strategis ini.

Posting Komentar

[facebook][blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget

Label