Resmi, Permendikbud No 23 Tahun 2017 Tentang Sekolah 5 hari

Akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba, kepastian tentang rencana hari sekolah yang cukup 5 hari kerja saja, yaitu hari senin-jumat, sabtu dan minggu untuk istirahat dirumah. Terlepas dari pro dan kontra tentang kebijakan baru ini yang masih terus bermunculan baik melalui surat kabar, media online, blog-blog, status-status di facebook, dll.

Berikut petikan dari isi permendikbud no 23 tahun 2017 tentang hari sekolah yang telah di sahkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Efendi pada tanggal 12 Juni 2017.

Hari Sekolah adalah jumlah hari dan jam yang digunakan oleh guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik dalam penyelenggaraan pendidikan di Sekolah. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Pada Pasal 2 ayat 1 berisi Hari Sekolah dilaksanakan 8 (delapan) jam dalam 1 (satu) hari atau 40 (empat puluh) jam selama 5 (lima) hari dalam 1 (satu) minggu.
Kemudian pada ayat berikutnya (2) Ketentuan 8 (delapan) jam dalam 1 (satu) hari atau 40 (empat puluh) jam selama 5 (lima) hari dalam 1 (satu) minggu sebagaimana dimaksud pada ayat (1), termasuk waktu istirahat selama 0,5 (nol koma lima) jam dalam 1 (satu) hari atau 2,5 (dua koma lima) jam selama 5 (lima) hari dalam 1 (satu) minggu

Pada Pasal 3 ayat (1) berisi Hari Sekolah digunakan oleh Guru untuk melaksanakan beban kerja Guru. dan pada ayat (2) Beban kerja Guru sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi:
a. merencanakan pembelajaran atau pembimbingan;
b. melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan;
c. menilai hasil pembelajaran atau pembimbingan;
d. membimbing dan melatih Peserta Didik; dan
e. melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok sesuai dengan beban kerja Guru.

Demikian sekilas tentang permendikbud no 23 tahun 2017 tentang hari sekolah, semoga bermanfaat.
Link download Permendikbud DISINI.

Posting Komentar

[facebook][blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget

Label