Deskripsi Keahlian dan Indikator Mapel Bhs. Indonesia SMP Dalam Kisi-Kisi UKG 2017

Kisi-kisi pretest UKG 2017 semua jenjang (SD, SMP, SMA, SMK) dan semua mata pelajaran bisa anda download di posting sebelumnya (Download Kisi-Kisi UKG 2017 Lengkap). Berikut 29 Deskripsi Keahlian dan 48 Indikator Mapel Bhs. Indonesia SMP Dalam Kisi-Kisi UKG 2017:

Deskripsi Keahlian Guru Bhs. Indonesia SMP: 
  1. Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
  2. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
  3. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
  4. Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu.
  5. Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.
  6. Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.
  7. Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar
  8. Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
  9. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan yang mendidik
  10. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal.
  11. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal.
  12. Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu.
  13. Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
  14. Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar.
  15. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar
  16. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan.
  17. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
  18. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.
  19. Memahami  konsep,  teori,  dan  materi  berbagai  aliran  linguistik  yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa.
  20. Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa.
  21. Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia.
  22. Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
  23. Menguasai  kaidah  bahasa  Indonesia  sebagai  rujukan  penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  24. Memahami teori dan genre sastra Indonesia.
  25. Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif.
  26. Memahami tujuan pembelajaran yang diampu.
  27. Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
  28. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.
  29. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri.

Deskripsi Indikator Guru Bhs. Indonesia SMP:
  1. Mengidentifikasikan karakteristik perkembangan sosial-emosional peserta didik.
  2. Menganalisis kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik
  3. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yag mendidik dalam pembelajaran bahasa.
  4. Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran  (0)
  5. menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan KI-KD
  6. Merancang pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.
  7. Mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan.
  8. Memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
  9. Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran
  10. Menentukan  model pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi optimal
  11. Melakukan komunikasi secara efektif
  12. Mengidentifikasi aspek penilaian keterampilan
  13. Menyusun instrumen  pengetahuan
  14. Menentukan pencapaian kompetensi
  15. Menganalisis ketercapaian KKM
  16. Merancang  program remedial berdasarkan hasil penilaian
  17. Menjelaskan tujuan dan sasaran pembelajaran reflektif
  18. membuat desain penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.
  19. Menjelaskan konsep, teori, dan materi aliran struktural yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa.
  20. Pengembangan metode pembelajaran bahasa berdasarkan aliran fungsional.
  21. Menjelaskan konsep hakikat bahasa.
  22. Mengidentifikasi jenis-jenis pemerolehan bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, dan pragmatik).
  23. Menjelaskan kedudukan bahasa Indonesia.
  24. Menjelaskan fungsi Bahasa Indonesia.
  25. Mengidentifikasi ragam Bahasa Indonesia.
  26. Mengaplikasi prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan (berbicara dan menyimak) dan tertulis (membaca dan menulis).
  27. Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara deskrit: menyimak, berbicara, membaca, menulis.
  28. Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis.
  29. Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa berdasarkan konteks (akademis, formal, vokasional).
  30. Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan produktif.
  31. Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan reseptif.
  32. Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis produktif.
  33. Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis reseptif.
  34. Mengidentifikasi kaidah  bahasa  Indonesia
  35. Menerapkan kaidah bahasa Indonesia sebagai  rujukan  penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  36. Menjelaskan teori dan genre puisi  Indonesia
  37. Menjelaskan teori dan genre prosa Indonesia
  38. Mengapresiasi puisi Indonesia
  39. Menulis puisi Indonesia
  40. Mengapresiasi prosa Indonesia
  41. Menulis prosa Indonesia
  42. Mengapresiasi teks drama Indonesia
  43. Mementaskan naskah drama sederhana Indonesia
  44. Membuat kritik sastra Indonesia
  45. Merumuskan  indikator dan atau tujuan mata pembelajaran bahasa.
  46. Menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan KI-KD.
  47. Merumuskan masalah dalam pembelajaran bahasa.
  48. Memanfaatkan jaringan komunikasi on-line untuk mendukung komunitas profesi  sebagai penunjang PKB.

Posting Komentar

[facebook][blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget

Label