Deskripsi Keahlian Guru TIK Dalam Kisi-Kisi Mapel TIK SMP UKG 2017

Kisi-kisi pretest UKG 2017 semua jenjang (SD, SMP, SMA, SMK) dan semua mata pelajaran bisa anda download di posting sebelumnya (Download Kisi-Kisi UKG 2017 Lengkap). Dari kisi-kisi resmi Pretest UKG Mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) tahun 2017 yang didapat dari situs resmi, untuk deskripsi keahlian yang perlu guru TIK perhatikan adalah sebagai berikut:
  1. Mengoperasikan computer personal dan periferalnya
  2. Merakit, menginstalasi, men-setup, memelihara dan melacak serta memecahkan masalah (troubleshooting) pada komputer personal.
  3. Melakukan pemrograman komputer dengan salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek
  4. Mengolah kata (word processing) dengan komputer personal
  5. Mengolah lembar kerja (spreadsheet) dan grafik dengan komputer personal
  6. Mengelola pangkalan data (data base) dengan komputer personal atau komputer server
  7. Membuat media grafis dengan menggunakan perangkat lunak publikasi
  8. Membuat dan memelihara jaringan komputer (kabel dan nirkabel)
  9. Membuat dan memelihara situs laman (web)
  10. Menggunakan sarana telekomunikasi (telephone, mobilephone, faximile)
  11. Membuat dan menggunakan media komunikasi, termasuk pemrosesan gambar, audio dan video
  12. Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam disiplin atau materi pembelajaran lain dan sebagai media komunikasi
  13. Mendesain dan mengelola lingkungan pembelajaran/sumber daya dengan memperhatikan standar kesehatan dan keselamatan
  14. Mengoperasi-kan perangkat keras dan perangkat lunak pendukung pembelajaran
  15. Memahami EULA (End User Licence Agreement) dan keterbatasan serta keluasan penggunaan perangkat lunak secara legal
  16. Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya.
  17. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
  18. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
  19. Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu.
  20. Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.
  21. Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.
  22. Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan.
  23. Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
  24. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu.
  25. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal.
  26. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam
  27. Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu.
  28. Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
  29. Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar.
  30. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar
  31. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan.
  32. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
  33. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.

Posting Komentar

[facebook][blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget

Label