Ingin Meningkatkan Imunitas Tubuh ? Ini Tips Dari SehatQ.com


Pandemi virus corona yang belum usai membuat setiap orang harus bisa menyesuaikan diri. Salah satunya dengan terus meningkatkan imunitas tubuh. Seseorang yang memiliki imunitas tubuh yang baik akan lebih kecil kemungkinan terpapar virus corona. Disamping itu, perlu juga melakukan tindakan-tindakan seperti jaga jarak, memakai masker hingga rajin cuci tangan untuk terhindar dari virus ini.

Memasuki era new normal seperti sekarang ini, imunitas tubuh seseorang sangat diuji. Mereka yang sudah menjalankan aktivitas sehari-hari sudah pasti akan melakukan kontak dengan orang lain. Sistem imun yang kuat dalam tubuh ini akan membuat seseorang lebih tahan terhadap serangan virus ini. Beberapa cara ini bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh agar tidak terpapar virus.

5 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh

Dirangkum dari SehatQ, meningkatkan imunitas tubuh bisa dilakukan dengan mudah. Anda perlu konsisten untuk melakukan hal ini.

1. Olahraga Rutin

Olahraga akan membuat tubuh lebih bugar dan meningkatkan perasaan senang. Selain itu dalam sebuah studi, olahraga juga bisa membantu dalam proses regenerasi sel imun. Anda tidak perlu berolahraga ekstrim seperti lari puluhan kilometer atau angkat beban. Olahraga dalam hal menjaga imun tubuh harus sesuai dengan kemampuan agar tidak menimbulkan penyakit. Anda bisa olahraga jalan kaki ataupun bersepeda mengelilingi kampung atau perumahan.

2. Hindari Stres

Sistem imun tubuh sangat berkaitan dengan stres yang sedang dialami. Stres bisa membuat ketidakseimbangan fungsi sel imun. Dokter selalu menyarankan untuk tidak terlalu memikirkan masalah yang mengakibatkan stres. Apalagi di masa new normal, dimana imun tubuh harus tetap terjaga agar terhindar dari virus corona. Anda bisa melakukan meditasi, berkumpul bersama keluarga ataupun berolahraga untuk menghilangkan stres. Lakukan hal itu sesering mungkin sehingga tingkat stres akan menurun.

3. Perbanyak Istirahat

Tidur bisa dibilang sebagai cara istirahat yang paling efektif untuk memulihkan energi. Selain itu, tidur juga akan menjaga regulasi sistem imun pada tubuh. Berikan waktu tidur yang cukup agar untuk menghindari sistem imun yang menurun. Saat tidur, akan ada sejenis protein yang biasa disebut dengan sitokin yang dilepaskan. Perlu diketahui bahwa sitokin memiliki peran penting untuk imun tubuh. Istirahat dengan cara tidur minimal 7 jam dalam sehari untuk memastikan tubuh memiliki energi yang cukup untuk aktivitas di hari berikutnya.

4. Konsumsi Makanan Sehat Serta Vitamin

Sistem imun tubuh manusia membutuhkan nutrisi yang cukup. Nutrisi bisa didapatkan dari makanan-makanan sehat yang kaya akan nutrisi. Coba untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi nutrisi seperti tomat, wortel, jeruk dan lain sebagainya. Makanan-makanan yang mengandung vitamin hingga mineral tinggi perlu diutamakan. Anda juga bisa mengkonsumsi multivitamin untuk memaksimalkan nutrisi yang didapat dari makanan. Mengenai multivitamin apa yang harus dikonsumsi, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

5. Berjemur Saat Pagi Hari

Mungkin Anda sudah sering mendengar pernyataan bahwa berjemur efektif untuk meningkatkan imun tubuh. Berjemur akan membuat tubuh Anda lebih sehat dan meningkatkan perasaan bahagia. Sinar matahari yang didapat juga akan memberikan energi untuk salah satu sel imun yang disebut sel T. Luangkan waktu 10 sampai 15 menit untuk berjemur di bawah sinar matahari. Akan lebih baik jika berjemur pada pagi hari dimana Anda akan mendapatkan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang.

Tips meningkatkan imunitas tubuh dari SehatQ memang sangat mudah dilakukan. Agar hasilnya lebih maksimal, Anda harus konsisten dalam melakukan beberapa cara di atas.

Belum ada Komentar untuk "Ingin Meningkatkan Imunitas Tubuh ? Ini Tips Dari SehatQ.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel